Pengertian Sistem Kontrol, Sistem Loop Terbuka dan Sistem Loop Tertutup

Sistem Kontrol
Setiap karya manusia yang dapat dikategorikan sebagai mesin merupakan mekanisme terkontrol. Dengan bagian yang bisa bergerak dan sebaliknya. Pengontrolan bisa dilakukan langsung oleh manusia maupun secara otomatis yang bertujuan untuk menciptakan suatu hasil kerja yang optimal.

Dasar pada sistem pengontrollan adanya dua sistem pengontrolan yaitu sistem loop tertutup dan sistem loop terbuka.

- Sistem Loop Terbuka
Sistem loop terbuka adalah suatu sistem kendali yang keluarannya tidak akan berpengaruh terhadap aksi kendali atau input. dan tidak dapat digunakan sebagai perbandingan umpan balik dengan masukan atau akan didapatkan suatu kondisi operasi yang tetap. Sistem kendali loop terbuka dapat digunakan jika hubungan output dan inputnya diketahui serta tidak adanya gangguan internal dan eksternal.

Sistem Loop Terbuka
- Sistem Loop Tertutup
Merupakan suatu sistem yang keluarannya berpengaruh langsung terhadap aksi kendali, yang mempertahankan keluaran sehingga sama bahkan hampir sama dengan masukan acuan walaupun terdapat gangguan pada sistem. Jadi sistem ini adalah sistem kendali berumpan balik, dimana kesalahan penggerak adalah selisih antara sinyal masukan dan sinyal umpan balik (berupa sinyal keluaran dan turunannya) yang diteruskan ke pengendali sehingga melakukan aksi terhadap proses untuk memperkecil kesalahan dan membuat agar keluaran mendekati harga yang diingankan. Dan memerlukan koreksi terus menerus untuk mendapatkan unjuk kerja yang maksimum.
Sistem Loop Tertutup
Sinyal keluaran umpan balik mempunyai fungsi alih H(s). Sinyal umpan balik yang diumpan balikkan ketitik penjumlahan untuk dibandingkan dengan sinyal masukkan R(s), sedangkan keluaran dari titik penjumlahan merupakan sinyal kesalahan E(s) yang dinyatakan dengan persamaan :
E(s)=R(s) + [-B(s)]

Sistem pengendali G(s) akan menghasilkan sinyal keluaran C(s) yang akan diumpankan kembali ketitik penjumlahan. Sumber: Muhammad Supriadi, 2005
Rekomendasi Untuk Anda close button minimize button maximize button







Bagikan Info ini di :






1 Komentar untuk "Pengertian Sistem Kontrol, Sistem Loop Terbuka dan Sistem Loop Tertutup"